andhar Pengangguran yang ingin memiliki bisnis besar.

Usaha Makanan Kekinian

6 min read

Usaha Makanan Kekinian

Menjalankan sebuah usaha memanglah melelahkan, mungkin menguras tenaga, pikiran dan juga modal. Belum lagi jika kenyataan hasilnya tidak sesuai dengan ekspetasi.

Apalagi dalam menjalankan usaha makanan, pasti kebanyakan orang berfikir makanan mereka akan laku keras, dan mendapatkan banyak keuntungan. Namun realitanya apa? makanan kadang masih ada bahkan tidak laku, dan kemudian basi.

Mungkin dari kejadian tersebut anda harus mengevaluasi kesalahan yang mungkin anda lakukan, mulai dari promosi, rasanya, atau tempatnya yang kurang strategis.

Tapi jangan khawatir, mungkin belum jadi rizki anda untuk menjual makanan tersebut, tetap optimis dan jangan menyerah. Namanya aja berdagang pasti ada laku dan ada sepi dong.

Nah setelah anda melakukan evaluasi dan tidak ada perubahan, coba ganti jenis makanan yang anda jual.

Carilah inspirasi usaha makanan lainnya yang mungkin bisa lebih mudah berkembang.

Kali ini saya menyarankan agar anda menjual aneka makanan kekinian, yaitu makanan-makanan yang sedang trend pada saat ini atau beberapa saat yang akan datang.

Dan berikut saya sudah rangkuman beberapa menu kuliner yang bisa di bilang trend dan kekinian yang bisa anda jajal.

1. Usaha Menjual Makanan Sehat

Jual Makanan Kekinian Makanan Sehat
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Saat ini masyarakat sudah lebih memperhatikan betapa pentingnya menjaga kesehatan, mulai dari pola hidup sehat, olahraga teratur, dan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi.

Naahh.. disinilah saya menemukan peluang, dimana kita bisa menjual beberapa produk yang berkaitan dengan kesehatan, terutama makanan.

Pegiat pola hidup sehat pasti akan menjaga sekali menu makan mereka, mulai dari yang rendah lemak, banyak mengandung protein, diet karbo, buah-buahan dan sebagainya.

Saran saya untuk anda, cobalah untuk berinovasi dan mengambil peluang ini. Selain makanan anda juga bisa membuat aneka minuman sehat lhoo.

2. Aneka Camilan

Usaha Kuliner Camilan Keripik
Modal Usaha: Rp. 500.000

Sama dengan usaha makanan rumahan, saya juga menyarankan anda untuk menjual aneka keripik sebagai jajanan yang kekinian, karena sudah banyak produsen keripik homemade yang sudah berhasil.

Karena selain bahan baku mudah didapat, keripik juga bisa diinovasi untuk tampil lebih menarik dan memiliki aneka rasa, mulai dari pedas, asin, balado, jagung bakar, dan barbeque.

Cobalah cari bahan baku pembuatan keripik yang mungkin belum ada atau belum banyak ditemui namun memiliki potensi untuk banyak pembeli.

Soalnya para pemuda milenial sekarang sangat senang nongkrong sampai pagi dan ditemani oleh beberapa makanan salah satunya adalah keripik.

3. Bisnis Kuliner Katering Bento

Jual Makanan Katering Bento Online
Modal Usaha: Rp. 2.000.000

Menu yang satu ini memang sedang ngetrend belakang ini, banyak orang menyukai katering bento.

Mungkin tampilannya yang unik dan menunya yang cukup berbeda, dengan kemasan yang menarik dan lauk pauknya yang memiliki perpaduan yang pas menjadikan banyak orang menjadikan katering bento sebagai makanan favorit.

Terlebih lagi lauknya yang bisa dibentuk menjadi bentuk seperti binatang, boneka dan bentuk lainnya membuat anak-anak tertarik untuk memakannya dan tidak merepotkan sang ibu untuk memberikan makanan.

Jika anda berminat dengan usaha makanan kekinian satu ini, anda bisa menyeimbangankan gizi yang terdapat dari lauk pauk katering bento anda.

4. Jualan Cireng Bumbu Rujak

Resep Cireng Bumbu Rujak Makanan Kekinian
https://cookpad.com/
Modal Usaha: Rp. 500.000

Aci goreng atau yang kita kenal dengan cireng adalah jajanan yang berasal dari kota Bandung.

Makanan berbahan dasar aci ini merupakan makanan tradisional yang masih terkenal hingga saat ini bahkan tidak hanya di Bandung.

Dengan harga yang terjangkau dan rasanya yang nikmat, kenyal dan sedikit alot yang menjadikan cireng menjadi familiar di masyarakat luas.

Naah.. sekarang itu sudah banyak juga cafe yang menyajikan makanan cireng, namun dengan sedikit tambahan bumbu yaitu bumbu rujak.

Kebayangkan gimana rasanya, cireng biasa aja banyak yang suka, apalagi ditambah dengan bumbu cireng.

5. Menjual Donat Aneka Toping

Bisnis Jualan Donat Aneka Toping Kekinian
Modal Usaha: Rp. 500.000

Dulu banyak sekali penjual keliling yang menjual donat dengan gula halus berwarna putih, donatnya yang lembut, enak dengan gulanya yang manis menjadikan banyak sekali penggemarnya.

Dan saat ini kue donat memiliki banyak sekali inovasi, dengan menambahkan bermacam-macam toping menjadikan donat lebih menarik lagi untuk dibeli dan tentunya rasanya yang lezat.

Sebagai contoh kita bisa amati bagaimana suksesnya perusahaan JCO dengan menjual aneka donat dengan bermacam-macam toping, JCO aja bisa sukses kenapa kita nggak?

6. Menjual Kue Dorayaki

Makanan Kekinian Khas Jepang Dorayaki
Modal Usaha: Rp. 500.000

Jika anda penonton setia serial kartun Doraemon pasti anda familiar dengan yang namanya dorayaki.

Dorayaki merupakan kue tradisional yang berasal dari jepang, bentuknya bundar dan tembem, kue ini terdiri dari 2 lembar kue yang direkatkan oleh selai kacang merah, kacang hijau atau isian lainnya.

Untuk bahan kuenya sendiri mirip seperti pancake atau mertabak gitu, prosesnya kayaknya gampang deh, coba saja anda buat dan lakukan inovasi yang terbaik sehingga banyak kaum milenial yang menyukainya.

7. Usaha Makanan Kekinian Burger Hitam

Bisnis Kuliner Kekinian Burger Hitam
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Selain dorayaki di Jepang juga terdapat makanan yang unik yaitu burger dengan warna hitam.

Burger ini bisa berwarna hitam karena adonan dicampur dengan arang bambu, jika anda ingin membuat di Indonesia mungkin bisa dengan bahan yang lain seperti oman untuk membuat ciwel.

Pada warna yang biasa saja burger ramai konsumen, apalagi dengan varian warna baru pasti bisa lebih ramai lagi.

Karena masyarakat Indonesia mudah tertarik dengan hal baru apalagi yang aneh-aneh hehe. Jadi coba yuk.

8. Berjualan Minuman Boba dan Cincau

Usaha Minuman Hits Kekinian Boba Susu
Modal Usaha: Rp. 800.000

Minuman kekinian sekarang sudah mudah sekali di dapatkan di penjuru kota. Diantaranya minuman dengan toping boba dan cincau.

Entah kenapa minuman seperti ini sangat di gemari oleh masyarakat Indonesia terutama pelajar dan mahasiswa, mungkin karena rasanya yang manis dan memiliki warna yang menarik.

Minuman kekinian ini juga memiliki beberapa varian rasa mulai dari Milk Tea, Coklat, Brown Sugar, hingga Cheese Tea. Sekedar info bahwa minuman kekinian dengan kemasan yang menarik ini berasal dari negera Taiwan lho.

Dan sudah banyak brand boba dari Taiwan yang membuka usaha franchise di Indonesia, tapi kalo anda ingin ikut usaha franchise anda akan memerlukan lebih banyak modal.

Naah untuk menghemat modal dan tanpa mengurangi kualitas rasa, anda bisa membuat minuman boba ala rumahan sendiri, sekarang sudah banyak kok resep minuman boba anda bisa liat resepnya di cookpad.

Kalo dari resep yang diambil dari cookpad saya rasa anda hanya akan membutuhkan RP. 800 ribu untuk modal awal.

9. Membuat dan Menjual Aneka Sambal

Jual Sambal Pete Terasi Kekinian Hits Botol
Modal Usaha: Rp. 200.000

Anda suka dengan sambal? jika iya anda bisa menyalurkan hobi makan sambal ini untuk usaha yang cukup menjanjikan.

Seperti yang kalian ketahui industri besar saat ini berlomba-lomba menciptakan makanan dengan rasa yang pedas bahkan menyediakan berbagai macam sambel mulai dari saos, sambel terasi bahkan sambal bubuk.

Melihat dari kondisi masyarakat yang gemar memakan sambal, anda saya sarankan untuk mencoba di usaha kuliner satu ini.

Coba anda buat berbagai macam varian sambal, mulai dari sambal cumi, sambal pete, sambal terasi, sambal bawang dan sambal-sambal lainnya.

Gunakan kemasan yang menarik seperti botol kecil, kemudian perhatikan juga kira-kira sambal yang anda buat bisa bertahan berapa hari?

Kemudian berikan kemasan yang menarik, dan sambal anda siap dipasarkan.

10. Usaha Makanan Sosis Kentang (Sotang)

Kuliner Kekinian Sosis Kentang
www.dimanaja.com
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Makanan camilan memang selalu menjadi yang favorit oleh remaja di Indonesia, terbukti dari banyaknya usaha makanan ringan pinggir jalan yang tetap bertahan sampai sekarang.

Dan juga selalu muncul ide-ide baru dalam penyajian makanan camilan, seperti makanan yang satu ini, yaitu sosis kentang atau beberapa orang menyebut hotdog kentang.

Makanan dengan bahan utama sosis yang digoreng bareng dengan kentang ini cukup menarik dan banyak digemari anak-anak.

11. Usaha Kekinian Brownis Lumer

Peluang Usaha Makanan Kekinian Brownis Lumer
Modal Usaha: Rp. 1.500.000

Kue dengan tekstur padat dan lembut yang biasa berwarna cokelat pekat ini juga menjadi favorit.

Sekarang sudah banyak inovasi rasa dan bentuk dari kue brownis ini, dan salah satunya adalah brownis lumer.

Jenis brownis satu ini dengan cepat mendapat perhatian masyarakat dan menjadi hits dan kekinian. Karena rasanya yang lembut dan teksturnya yang berbeda dengan brownis lainnya.

Yang membuat berbeda dari brownis ini adalah lelehan cokelat yang berada di tengan kue, akan membuat sensasi seperti lumeran cokelat ketika brownis digigit.

Mmm enak sekali kayaknya, buruan gih coba buat terus dijual.

12. Bisnis Kuliner Kebab Turki

Bisnis Franchise Kebab Turki Kekinian
www.afeliaskitchen.com
Modal Usaha: Rp. 2.000.000

Makanan khas Timur Tengah ini sangat akrab dengan lidah masyarakat Indonesia, berasal dari negara Turki kebab sendiri adalah daging yang ditusuk kemudian dipanggang atau dibakar.

Setelah kebab masuk ke Indonesia banyak sekali inovasi yang dibuat untuk membuat kebab disukai dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Dengan isian daging, sayuran dan saos yang dibungkus kulit ini sekarang banyak sekali peminatnya.

Bagi anda yang ingin membuka usaha kekinian, saya si menyarankannya untuk membuat dan menjual kebab.

13. Usaha Kuliner Rice Bowl

Bisnis Rumahan Kekinian Rice Bowl menu Sarapan
cookpad.com
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Rice bowl merupakan menu yang pas untuk sarapan dan makan siang untuk orang-orang yang sibuk seperti karyawan kantor dan mahasiswa.

Sama seperti menu sarapan dan makan siang pada umumnya, hanya saja kemasan rice bowl yang lebih menarik perhatian.

Dengan kemasan berbentuk seperti mangkok dan tutupnya yang transparan ini menjadikan namanya menjadi rice bowl, sedangkan isinya terserah anda, mau diisi nasi kuning, nasi uduk, mie goreng atau menu bento sekalipun.

Makanan kekinian ini juga bisa anda jadikan sebagai usaha makanan oline lohh, inget yang penting kemasan dan fotonya menarik.

14. Usaha Kekinian Aneka Ice Cream

Usaha Kekinian Aneka Ice Cream
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Makanan beku satu ini biasanya terbuat dari olahan susu yang memang sudah ramai dikonsumsi sejak lama.

Dan banyak ide kreatif yang memungkinkan ice cream menjadi makanan yang kekinian, mulai dari ice cream cone, cup, gelas ala cafe, dicampur roti tawar dan inovasi lainnya.

Menurut saya apapun olahan dari ice cream itu akan terasa enak, karena emang dasarnya ice cream rasanya enak.

Sekarang tinggal mencari suplier ice cream yang sesuai kebutuhan atau anda buat sendiri.

15. Jualan Kopi Kemasan Kekinian

Bisnis Kekinian Es Kopi Capucino Cup
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Akhir-akhir ini sektor bisnis minuman sedang diguyur banyak konsumen, mulai dari 2019 sampai pertengahan 2020 saja usaha kedai kopi dan franchise minuman kopi semakin bertambah banyak.

Mungkin karena naiknya penikmat kopi, mungkin kopi yang dulunya hanya dinikmatin oleh orang dewasa yang mungkin rasanya yang pahit dan berwarna hitam, sekarang justru disukai oleh hampir semua kalangan.

Muncul beraneka macam kopi, mulai dari kopi tradisional, kopi susu, kopi gula jawa/merah, capucino bahkan sudah ada kopi dengan campuran soda (cocacola).

Peluang usaha kopi ini masih sangat besar saat ini, anda yang berminat bisa membuat jenis kopi kemasan yang menarik dengan kemasan yang menarik pula.

Dan lakukan promosi yang menarik perhatian melalui media sosial.

16. Jualan Nugget Pisang

Nugget Pisang Makanan Kekinian
www.pegipegi.com
Modal Usaha: Rp. 500.000

Pisang merupakan buah-buahan yang tumbuh subur di daerah tropis, hasil olahan dari buah ini pun cukup banyak mulai dari keripik, jus, pisang goreng hingga nugget pisang ini.

Nugget pisang merupakan olahan buah pisang yang cukup menarik pembeli, dengan rasa pisangnya yang manis dan lembut ditambah lagi dengan diolah menjadi nugget yang renyah.

Selain bahan bakunya yang mudah didapat, proses pembuatannya pun cukup mudah.

17. Usaha Minuman Thai Tea

Jualan Minuman Kekinian Thai Tea
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Dan peluang bisnis kekinian yang akan saya sarankan terakhir masih seputar minuman, selain yang saya sebutkan diatas masih ada satu lagi minuman yang cukup digemari oleh banyak orang yaitu Thai Tea.

Dari namanya aja kayaknya sih dari Thailand deh hehe, tapi intinya itu minuman teh yang dicampur dengan susu kemudian diberi es batu atau didinginkan, bisa juga disajikan dengan hangat si tapi ya jarang yang minat.

Untuk membuka usaha Thai Tea sekarang sudah banyak sekali waralaba yang memberikan tawaran kerjasama, tapi saya sarankan anda yang memiliki modal minim, lebih baik mencari tau kemudian membuat sendiri racikan teh susu yang benar-benar ciamik.

Sehingga tanpa waralaba anda tetap memilik kualitas yang akan mendatangkan banyak konsumen.


Memang dalam usaha kita harus bisa membangun sebuah karakteristik atau menciptakan trend sendiri, namun bagi anda yang belum mapu mendapatkannya sebaiknya memulai dengan mengikuti trend yang sedang kekinian.

Jadi jalankan usaha yang mungkin saat ini sedang ramai dan diminati banyak orang.

Dari 17 jenis usaha kekinian yang saya sarankan apakah ada yang diminati oleh anda? atau anda punya pandangan lain? boleh komen dibawah untuk kita diskusikan.

andhar Pengangguran yang ingin memiliki bisnis besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *