fbpx
andhar Pengangguran yang ingin memiliki bisnis besar.

Usaha Makanan Rumahan

10 min read

Usaha Makanan Rumahan

Menjadi pekerja atau karyawan dari sebuah perusahaan memanglah bukan hal yang menyenangkan. Memang sih banyak juga karyawan yang terjamin oleh perusahaannya.

Namun tidak sedikit juga perusahaan yang lalai dan mungkin mengabaikan hak-hak karyawannya.

Dari situ lah muncul kegalauan dari beberapa orang, apakah harus melanjutkan sebagai karyawan? atau keluar dan memulai usaha sendiri?

Untuk menjawab hal tersebut sebenernya susah, tapi kembali kepada diri masing-masing, apakah kalian siap menghadapi resikonya?

Apalagi di era yang rumit seperti sekarang sini.

Tapi jangan khawatir, saya akan memberikan beberapa solusi bagi anda yang bingung mau membuka usaha apa.

Solusi yang pertama adalah membuka usaha dibidang kuliner, yaap anda bisa menjual makanan untuk memberi tambahan pemasukan.

Kenapa kok makanan? Karena seperti yang saya tulis di artikel usaha makanan, bahwa semua manusia pasti akan membutuhkan makanan, apalagi saat merasakan lapar.

Naah solusi yang kedua, berhubung mungkin anda bekerja sebagai karyawan perusahaan yang mungkin pulang sore atau bahkan malam sekali pun.

Anda bisa membuka usaha makanan rumahan, dengan cara bekerja sama dengan istri, saat anda bekerja istri anda yang memasak atau berjualan makanan di rumah, atau ketika anda pulang kerja anda bisa langsung berjualan atau membantu istri anda.

Bagi yang belum punya istri atau suami gimana? wkwk tenang jangan khawatir. Bagi anda yang belum menikah dan mungkin tidak bisa memasak, anda bisa menjadi marketing atau penjual dari makanan yang dimasak oleh orang lain.

Gimana sudah tertarik? Jika tertarik, saya akan kasih beberapa menu hidangan yang cocok dan berpotensi ramai untuk dijual dan dijadikan usaha makanan rumahan.

Saya juga akan memberitahu perkiraan modal yang anda butuhkan untuk membuka usaha makanan rumahan yang sederhana, biasanya berkisar Rp. 500 ribu sampai Rp. 2 juta.

1. Membuat Salad Buah

Usaha Salad Buah
Modal Usaha: Rp. 1.300.000

Kesadaran masyarakat akan kesehatan kini cukup tinggi, mulai dari olahraga dan pola makan yang baik.

Salah satu makanan yang baik yaitu salad buah, selain baik untuk kesehatan salad buah juga bagus dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan progam diet.

Dengan komposisi aneka buah, mayones, susu dan diberi toping keju atau cokelat, sudah dapat menarik pembeli. Selain rasanya yang enak salad buah juga memiliki banyak manfaat yaitu vitamin dan mineral yang terkandung dari buah-buahan tersebut.

Untuk membuatnya juga cukup simpel, bahan baku buah dan mayones bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar atau supermarket.

Selain cocok untuk usaha rumahan, anda juga bisa memanfaatkan internet untuk jualan makanan online.

2. Berjualan Seblak

Membuat Seblak Khas Bandung
foodizz.id
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Menu kedua yang bisa anda jual adalah seblak, baik seblak kering atau basah itu terserah anda. Tapi keduanya sama-sama ramai peminat sih.

Makanan khas jawa barat ini, memang digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Bahan bakunya pun mudah ditemukan, anda bisa beli bahannya lengkap di pasar tradisional terdekat atau anda bisa beli di agen seblak terdekat di kota anda.

Untuk lokasi penjualan sangat cocok dijual di rumah saja, apalagi anda yang berada di perumahan dan banyak orang atau keramaian, pasti laku keras.

3. Usaha Makanan Olahan Bakso

Membuat Makanan Dari Bakso
Modal Usaha: Rp. 1.500.000

Menu kedua yang bisa anda jadikan usaha sampingan di rumah adalah menjual makanan dengan aneka olahan bakso.

Mendengar kata bakso mungkin anda membayangkan dengan kuahnya yang seger, didampingi oleh mie dan saos sambel.

Namun dibalik makanan bakso yang berkuah seperti di atas, ada banyak jenis makanan berbahan dasar bakso.

Bakso yang berbahan tepung terigu dan daging ini dapat anda jadikan menjadi makanan tahu bakso, bakso tusuk, baso goreng (basreng) atau bahkan bisa dijadikan keripik baso lhoo.

Makanan olahan dari bakso tersebut memang sangat cocok diproduksi dan dijual dari rumah lho, jadi gak perlu repot-repot dorong gerobak dan menyewa ruko.

4. Usaha Kuliner Nasi Goreng

Usaha Nasi Goreng Seafood
Modal Usaha: Rp. 2.000.000

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mempunyai banyak sekali penggemar, kayaknya hampir setiap orang suka deh.

Bahkan mantan Presiden Amerika Barack Obama saja sangat menyukai kuliner rumahan ini lhoo.

Kenapa nasi goreng bisa dikatakan sebagai usaha rumahan, karena cara memasaknya yang cukup mudah, dan anda juga bisa menjualnya hanya dari rumah, cukup menggunakan stand atau gerobak didepan rumah saja anda sudah bisa menjualnya.

Apalagi denga adanya media sosial, anda akan lebih mudah dalam memasarkan usaha makanan rumahan ini.

Untuk menarik banyak pelanggan, tentunya harus menggunakan promosi yang efektif, dan rasa nasi goreng yang enak dan lezat.

Berikan juga variasi toping seperti nasi goreng sosis, nasi goreng ati, nasi goreng seafood, nasi goreng spesial dll.

Jika anda bingung mendapatkan resep yang enak, anda bisa mengunjungi cookpad, disana terdapat banyak sekali resep.

5. Usaha Makanan Ringan atau Camilan

Membuat Camilan Keripik Singkong
Modal Usaha: Rp. 500.000

Selain anda menjual makanan-makanan berat, anda juga bisa menyediakan atau menjual aneka makanan ringan dan camilan lho.

Apalagi anak sekarang kalo lagi nongkrong lebih suka jajan camilan, soalnya murah dan dapet banyak mungkin ya, serta bisa dimakan bareng-bareng.

Saat ini juga sudah banyak sekali pilihan jajanan makanan ringan, mulai dari rasa pedas, asin, manis dan gurih. Coba saja dengan menjual keripik singkong, kerupuk seblak kering, makaroni pedas, baso aci dan lainnya.

Untuk mendapatkan makanan ringan tersebut, anda bisa membuatnya sendiri jika mampu, jika tidak bisa, anda bisa membeli di pasar atau agen makanan ringan, atau bisa juga menerima titipan dari buatan tetangga.

Tempat penjualannyapun cukup di rumah saja, jadi tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa kios.

6. Jualan Gorengan

Menjual Aneka Gorengan
bantennews.co.id
Modal Usaha: Rp. 1.500.000

Pada umumnya penjual gorengan mungkin berjualan menggunakan gerobak di pinggir jalan atau keramaian.

Tetapi bisa anda coba juga untuk menjual gorengan cukup di depan rumah saja, lama kelamaaan orang tau warung gorengan anda dan akan banyak yang beli.

Gorengan memang menjadi menu pendamping favorit orang Indonesia saat makan, seperti sayur tanpa garam jika makan tanpa gorengan hehe.

Terlebih lagi bahan baku untuk bikin gorengan itu mudah di dapat kok di pasar, tinggal bagaimana anda memasaknya.

Bahan yang paling dibutuhkan adalah tepung beras, untuk bahan lain disesuaikan dengan menu gorengan yang akan anda jual, misalnya gorengan tempe, tahu, singkong, ubi, bakwan/bala-bala dan lain-lain.

Jika anda ingin mengetahui rahasia suksesnya, anda bisa membaca artikel tips usaha gorengan.

7. Membuat dan Menjual Kue Basah Tradisional

Kue Tradisional Dadar Gulung
doyanresep.com
Modal Usaha: Rp. 800.000

Walaupun terbilang tradisional dan mungkin ketinggalan jaman, namun peminat jajanan kue basah ini tetap selalu ada dan tetap ada yang produksi lhoo.

Apalagi di daerah pedesaan masih banyak pedagang keliling yang menjajakan makanan ini, begitu pun di kota, terkadang para perantau juga rindu memakanan makanan tradisional.

Yang termasuk jajanan kue basah tradisional yaitu kue lapis, kue sus, kue putu, onde-onde, risoles, lemper, dan masih banyak lagi.

Mengetahui banyaknya peminat, bisa anda jadikan peluang usaha yang bagus.

Anda bisa memproduksi beberapa kue tersebut kemudian anda titipkan di bebeberapa penjual kue atau makanan.

Atau jika anda tidak bisa membuatnya, anda bisa menjadi penjualnya, anda bisa mengumpulkan beberapa jenis kue basah yang dibikin oleh orang lain kemudian anda jual cukup didepan rumah saja.

Biasanya para penjual kue basah ini beroperasi di pagi hari, mulai pukul 5 pagi.

8. Usaha Kuliner Makanan Bayi

Bubur Bayi MPASI
mooimom.id
Modal Usaha: Rp. 1.500.000

Melihat kondisi seperti sekarang, banyak sekali pasangan muda yang berstatus menikah, dan mungkin langsung mempunyai momongan.

Dan kemungkinan sebagian mamah muda kurang berpengalaman dalam memberi asupan makanan terhadap bayi, terlebih lagi saat anak memasuki usia 6 bulan dan sudah saatnya mendapat MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Atau mereka yang menjadi ibu rumah tangga dan menjadi wanita karir, pasti mereka akan kesulitan dengan waktu, untuk membuat makanan buat bayi.

Dengan mengetahui keadaan tersebut bisa dimanfaatkan dengan membuat makanan sehat buat si bayi,dalam bentuk tim atau bubur yang dikemas rapih dan bersih.

Untuk pembuatanya dan penjualannya bisa dilakukan hanya dirumah saja, jika anda sudah memiliki pasar yang luas anda bisa membuka cabang, membuka franchise atau menjadi agen.

Atau jika anda yang bingung cara pembuatannya, anda bisa mencari agen yang bisa mensuplai, anda tinggal menjualnya saja di rumah.

9. Usaha Makanan Roti Bakar

Usaha Roti Bakar Rumahan
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Jenis makanan rumahan yang bisa anda jual selanjutnya adalah roti bakar, makanan ini sebenarnya sudah ada dan tenar sejak lama, sampai saat ini pun masih banyak penggemarnya.

Berbagai kalangan menyukainya, jadi tidak salah jika anda mencoba menjualnya.

Apalagi sekarang roti bakar sudah banyak di sajikan bahkan menjadi makanan yang favorit di berbagai cafe & resto.

Anda cukup menjual roti bakar dari rumah saja, namun anda juga memerlukan beberapa inovasi, agar roti bakar anda digemari oleh kalangan milenial.

Agar sama seperti ala-ala kafe, anda bisa memberikan beberapa toping atau isian roti bakar yang kekinian, seperti keju, kacang, pisang, dan lainnya.

Jangan lupa promosikan lewat media sosial juga, lumayan untuk menambah pembeli.

Untuk mendapatkan lebih jelas tentang tips sukses dan analisa modalnya bisa anda baca diartikel usaha roti bakar.

10. Bisnis Kuliner Martabak Mini

Bisnis Makanan Martabak Mini Rumahan
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Sama seperti roti bakar, martabak merupakan makanan yang sudah falmiliar dikalangan masyarakat.

Makanan dengan cita rasa manis dan memiliki berbagai toping ini cukup digemari banyak orang, apalagi dengan inovasi munculnya martabak dengan ukuran mini atau unyil.

Yaa martabak dengan ukuran lebih kecil ini cukup menarik pembeli, mungkin porsinya yang pas membuat banyak orang membelinya.

Alat dan bahannya pun cukup mudah didapatkan, jadi tenang saja anda tetap bisa berjualan martabak mini hanya dari rumah saja.

Walaupun kebanyakan penjual martabak berada di pinggiran jalan menggunakan gerobak, tapi makanan manis ini termasuk juga makanan yang cocok dijual di rumahan.

11. Membuka Warteg (Warung makan Tegal)

Buka Warteg Rumahan
goodnewsfromindonesia.id
Modal Usaha: Rp. 2.000.000

Memiliki keahlian memasak memang anugerah yang luar biasa, terlebih lagi jika masakannya enak.

Karena saat ini membuka usaha warteg cukup menjanjikan untuk menambah pendapatan.

Selain harganya yang terjangkau, warteg juga menyediakan banyak varian menu makanan dan gorengan.

Untuk anda ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang, anda bisa membuka warung makan khas Tegal ini, membuka tempat makan tidak lah harus di toko, di depan rumah saja juga bisa.

Dan buat anda yang berprofesi sebagai karayawan anda bisa membantu istri atau usaha anda, dalam memasarkan menu wartegnya kepada teman-teman kantor, yang mungki bisa dijadikan menu makan siang atau katering.

12. Usaha Makanan Aneka Mie

Jualan Aneka Mie Ayam
Modal Usaha: Rp. 1.300.000

Jenis usaha makanan rumahan selanjutnya adalah menjual aneka mie.

Mie yang merupakan makanan favorit orang Indonesia ini berpotensi memiliki peluang yang bagus.

Walaupun sudah banyak penjual makanan dalam bentuk mie, tapi tenang aja permintaannya juga tinggi kok.

Buktinya industri besar juga semakin berlomba-lomba membuat inovasi makanan dari mie.

Untuk anda sendiri anda bisa membuat dan menjual makanan olahan dari mie di rumah saja seperti mie ayam, mie bakso, mie goreng, warmindo, mie gulung, ditambah lagi dengan berbagai toping menarik contohnya telur, sosis, sayuran, tahu siomay dan sebagainnya.

13. Usaha Katering Rumahan

Usaha Katering Rumahan Nasi Kotak
bp-guide.id
Modal Usaha: Rp. 2.000.000

Sama seperti warteg, anda juga bisa membuka usaha katering rumahan.

Bedanya dengan warteg, katering menjual makanan namun dengan sistem PO. Jadi ada orang pesan baru anda membuat makanan tersebut.

Saat ini usaha katering cukup menjanjikan lhoo, anda bisa mempromosikan usaha katering anda ke perusahaan-perusahaan di daerah anda.

Biasanya orang yang memesan katering, untuk acara di kantor, acara besar seperti seminar, workshop, rapat, kepanitian, dll.

Katering rumahan juga memiliki banyak variasi mulai dari snack ringan, nasi kotak/box, atau katering bento yang kekinian.

14. Usaha Makanan Bubur Ayam

Menjual Bubur Ayam di Rumah
masakapahariini.com
Modal Usaha: Rp.1.500.000

Hampir setiap penjuru kota terdapat banyak sekali penjual bubur ayam, mulai dari kaki 5, keliling, dan rumahan.

Yang saya sarankan untuk anda adalah membuka warung bubur ayam cukup dirumah saja.

Buatlah bubur ayam dengan cita rasa yang enak dan gurih, agar banyak konsumen yang merasakan puas dan akan terus menjadi pelanggan anda.

Walaupun menjadi penjual bubur ayam tergolong usaha kecil, namun banyak orang yang sukses menggelutinya. Buktinya ada sinetron tukang bubur naik haji hehe.

15. Aneka Jajanan Home Made

Menjual Makanan Rumahan Cilok
whiskerino2005.com
Modal Usaha: Rp. 800.000

Selanjutnya menjual jajanan hasil buatan sendiri, apa saja itu ?

Anda yang pandai mengolah makanan, saya yakin ada banyak jajanan yang bisa anda buat sendiri dirumah kemudian anda jual.

Mulai dari camilan, makanan tradisional, dan jajanan khas kaki 5. Beberapa jajanan yang bisa anda buat seperti siomay, batagor, cilok, keripik tempe, dan aneka gorengan.

Kemudian tawarkan jajanan tersebut kepada tetangga, atau manfaatkan media sosial untuk melakukan promosi.

Menjual aneka jajanan sangat berpotensi menguntungkan di berbagai daerah, baik di desa maupun di kota.

Dan saat bulan Ramadhan datang anda bisa menjual jajanan buatan anda di sore hari, saat orang-orang mencari takjil.

16. Bisnis Kuliner Kue

Jual Makanan Rumahan Aneka Kue Bolu
Modal Usaha: Rp. 1.500.000

Dari dulu sampai sekarang usaha toko kue memang terbilang stabil, terbukti dari banyak sekali kalangan artis papan atas yang membuat usaha toko kue.

Pada dasarnya membuat toko kue adalah mengunakan nama toko atau merek yang unik, memiliki rasa enak, dan memiliki varian rasa dan bentuk.

Jika anda ingin membuka usaha ini, anda tidak perlu mengikuti trend para artis, cukup buat dirumah saja sudah bisa kok.

Anda bisa menyulap dapur anda menjadi tempat pembuat kue. Sebelum memulai diharapkan anda mengerti tentang alat pembuat kue yang dibutuhkan dan resep yang enak.

Apalagi menjelang hari raya lebaran, permintaan kue akan sangat meningkat, jika anda bisa menguasai banyak resep kue, saya yakin bisnis kue anda akan cepat berkembang.

17. Bisnis Makanan Frozen Food

Usaha Rumahan frozen Food
kumparan.com
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Usaha rumahan satu ini terbilang usaha makanan kekinian dan cukup populer saat ini, yaitu makanan beku atau frozen food.

Frozen food adalah makanan siap saji dalam kondisi dingin, jadi konsumen tinggal menggoreng atau merebusnya sebelum dimakan.

Frozen food biasanya dalam bentuk sosis, nugget, siomay, bakso, stik kentang dan lain-lain.

Dan kini frozen food sudah bisa didapat dengan berbagai macam rasa dan pilihan, salah satunya campuran dengan sayur.

Untuk menjual frozen food anda bisa memproduksi sendiri jika mampu, atau anda bisa menjadi agen/distributor namun membutuhkan modal yang cukup banyak, atau hanya menjadi reseller biasa saja.

Namun anda harus mempunyai frezzer untuk membekukan.

18. Usaha Kuliner Sarapan Nasi Kuning atau Nasi Uduk

Menjual Menu Sarapan Nasi Kuning dan Nasi Uduk
tasteatlas.com
Modal Usaha: Rp. 1.500.000

Selain bubur ayam, orang-orang juga menyukai nasi kuning dan nasi uduk sebagai menu sarapan.

Memang sudah jadi tradisi dan kebiasaan masyarakat untuk melakukan sarapan sebelum beraktifitas.

Kebanyakan ibu rumah tangga memilih membeli sarapan untuk anak dan suaminya, karena berangkat sekolah dan kerjanya terlalu pagi.

Jadi melihat kondisi seperti itu membuat peluang yang baik untuk membuka usaha makanan sarapan pagi.

Tidak perlu jauh-jauh, anda cukup membuka usaha ini dihalaman rumah saja sudah sangat menguntungkan.

19. Bisnis Kuliner Makanan Minuman Sehat dan Diet

Usaha RUmahan Makanan Minuman Sehat dan Diet
Modal Usaha: Rp. 1.000.000

Menjalankan bisnis memang memerlukan ide yang kreatif agar dapat terus berinovasi dan menciptakan hal baru.

Sama dengan bisnis satu ini yaitu bisnis makanan sehat dan menu diet, merupakan terobosan baru yang ciamik.

Bahkan sudah ramai diendorse oleh para artis, dengan kemasan yang praktis dan produknya yang bermanfaat membuat banyak sekali peminatnya.

Mungkin anda bisa mencoba usaha baru satu ini, mumpung belum banyak saingannya.

20. Usaha Makanan Asinan Sayur dan Buah

Membuat Asinan Buah dan Sayur Khas Bogor
lifestyle.okezone.com
Modal Usaha: Rp.800.000

Usaha makanan rumahan selanjutnya adalah menjual asinan sayur dan buah-buahan. Usaha makanan ini banyak ditemukan di kota Bogor, namun tidak ada salahnya jika anda membuatnya di daerah anda sendiri.

Dengan kondisi alam Indonesia yang subur, terdapat banyak jenis buah yang bisa anda manfaatkan dengan baik untuk usaha,

Salah satunya adalah membuat asinan ini, selain bahan bakunya mudah ditemukan, proses pembuatan dan penjualannya pun bisa dilakukan dari rumah saja.

Jika anda berminat tapi belum menguasai pembuatannya, anda bisa belajar terlebih dahulu, secara kesulurahan pembuatannya gampang kok.

21. Menjual Sosis Bakar

Menjual Sosis Bakar di Rumah
Modal Usaha: Rp.2.000.000

Di atas kita sudah membahas usaha frozen food, sekarang saya akan membahas usaha olahan dari frozen food.

Untuk olahannya bisa dibakar, digoreng dan direbus/kukus, tapi kebanyakan orang memilih untuk menjual sosis dengan dibakar, mungkin rasanya yang gurih dan legit kali ya.

Sebenarnya tidak hanya sosis, anda bisa menambahkan banyak pilihan menu, seperti tempura, naget dan olahan frozen food lainnya.

Untuk peralatan yang diperlukan sudah jelas, harus ada kompor/pemanggang, kemudian anda bisa menambahkan saos, mayones dan kecap saat menghidangkannya.

Banyak yang sudah berhasil dan mendapatkan untung besar dengan membuka usaha makanan rumahan jenis ini.

Jika anda serius ingin anda bisa mempelajari di artikel usaha sosis bakar, disitu saya bahas lengkap tentang usaha rumahan satu ini.

22. Usaha Makanan Keripik Buah

Membuat dan Menjual Keripik Buah Dari Rumah
lifestyle.okezone.com
Modal Usaha: Rp.500.000

Keberadaan buah yang banyak di Indonesia memang sangat berdampak baik bagi kondisi ekonomi di Indonesia, terutama untuk UMKM.

Ada banyak sekali olahan dari hasil pertanian satu ini, setelah tadi ada salad buah, asinan dan makanan diet, sekarang saya tambahkan satu lagi usaha makanan rumahan yang berbahan baku buah.

Usaha tersebut adalah membuat keripik buah, ada beberapa jenis yang enak dan pas dijadikan keripik, yaitu pisang dan apel.

Memproduksi keripik buah ini memang cukup mudah, namun buat anda yang masih pemula bisa menjadi marketing atau reseller saja.

Biasanya makanan ini dijual di pusat oleh-oleh, namun tidak ada salahnya jika anda menjualnya dirumah sendiri.

23. Usaha Makanan Ayam Penyet

Membuka Usaha Ayam Penyet
Modal Usaha: Rp. 2.000.000

Sekarang tiba di usaha makanan rumahan yang terakhir, usaha yang saya sarankan ini memiliki potensi yang bagus, karena banyak sekali yang menyukainya.

Membuka usaha ayam penyet didepan rumah merupakan terobosan yang bagus, asalkan anda bisa memasaknya dengan enak dan sambelnya yang mantap.

Selain ayam anda juga bisa menambahkan bebek dan lele di daftar menu, oya tidak lupa aneka minumannya, karena keuntungan bisa bertambah ketika anda menjual aneka minuman.

Saya yakin dengan menerapkan tips sukses berjualan dan promosi yang bagus, warung anda akan laris manis dan kebanjiran pembeli.


Sudah kah anda mendapat jawaban untuk mendapatkan pemasukan tambahan?

Saya harap beberapa usaha makanan rumahan yang saya sarankan diatas dapat bermanfaat untuk usaha anda.

Tetap semangat untuk belajar dan berusaha, karena memiliki usaha tidak harus langsung besar, walaupun usaha kecil-kecilan tetapi tetap anda yang menjadi bosnya.

Ooiya, untuk modal usaha yang saya cantumkan hanya estimasi ya gaes, jadi harga bisa berbeda dengan kondisi ditempat anda.

Jika ada informasi yang salah atau ada yang ditanyakan, bisa anda sampaikan di kolom komentar okeh.

andhar Pengangguran yang ingin memiliki bisnis besar.

Usaha Roti Bakar

andhar
5 min read

Usaha Frozen Food

andhar
4 min read

Usaha Sosis Bakar

andhar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *