fbpx
andhar Pengangguran yang ingin memiliki bisnis besar.

Cara Jualan Online

5 min read

Jualan Online di Facebook Instagram

Bisnis online saat ini menjadi trend bisnis yang luar biasa perkembangannya.  Terlihat dari banyaknya peminat orang dalam membeli barang dan jasa melalui media online.

Bagi anda yang sudah terjun didunia bisnis sebelumnya, pasti akan sangat terbantu akan hal ini. Namun bagi anda yang baru atau ingin memulai terjun kedalam bisnis, bisnis online merupakan solusi yang tepat untuk usaha anda.

Untuk pemula, pasti banyak pertanyaan muncul didalam pikiran anda seperti apa itu bisnis online? bagaimana caranya? apa hasilnya?

Untuk mendapatkan semua jawaban dari pertanyaan diatas, bisa anda dapatkan melalui berbagai sumber, yaitu artikel tentang bisnis online, video di Youtube tentang bisnis, seminar bisnis, komunitas internet marketer di daerah anda, atau anda juga bisa mengikuti berbagai whorkshop atau kelas berbayar untuk mendapatkan ilmu dalam berbisnis.

Sayangnya bagi pemula mungkin belum memiliki modal banyak untuk mengikuti workshop dan berbagai kelas yang dibuka oleh para mastah (orang yang ahli) dibidang bisnis online.

Naah.. untuk memberikan solusi terbaik bagi pemula agar dapat belajar tentang apa itu bisnis online? gimana caranya? Saya sudah siapkan artikel untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Diartikel ini saya tidak akan menjelaskan secara spesifik tentang pengertian bisnis dan jualan online, saya yakin anda semua sudah pada tahu, jika belum tahu anda bisa cari dulu di google hehe.

Baik langsung saja kita bahas, apa bila artikel saya kurang jelas bisa anda tanyakan di kolom komentar ya gaess.

1. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Yang pertama sebelum anda memulai proses berjualan secara online, alangkah baiknya anda berdoa hehe.

Setelah berdoa anda harus menentukan produk, yaa! produk apa yang akan anda jual. Jika anda belum tau produk apa yang akan anda jual, anda bisa baca artikel usaha dagang terlebih dahulu untuk mendapat referensi produk.

Sejatinya produk yang dijual itu ada dua yaitu produk barang dan jasa, jika anda sudah menemukan produk yang cocok untuk anda jual, anda harus menjalankan tahap berikut :

a. Riset Produk

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan riset produk yang akan anda jual.

Untuk meriset produk ini biasanya saya melakukan dengan membuat pertanyaan 5W 1H seperi yang pernah diajarkan oleh guru kita dulu.

…apa si kelebihan produk kita?

…mengapa orang lain harus membeli produk kita?

…bagaimana proses pembuatannya? kualitasnya?

Mungkin seperti itu contohnya.

Naah.. untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, anda bisa melakukam riset dengan terjun langsung mencari tahu tentang detail produk, atau anda bisa menanyakan kepada teman atau orang lain.

Sampai benar-benar produk yang anda jual itu layak dikonsumsi oleh konsumen.

b. Riset Pasar

Hal yang kedua yang anda lakukan adalah meriset target pasar anda.

Anda bisa melakukan survey tentang produk apa yang disukai oleh masyarakat, produk apa yang paling laku, kualitas yang seperti apa, dan bagaimana tingkat persaingnnya.

Saya beri contoh, misal produk yang akan anda jual adalah kemeja.

Anda bisa mensurvey beberapa orang atau teman anda yang memang suka beli kemeja.

…bahan yang cocok kemeja seperti apa si?

…modelnya? motifnya? harganya? dll

Setelah anda mendapat jawaban dari survey itu, coba terapkan untuk hasil yang terbaik dan mampu bersaing di pasar.

c. Tes Market

Setelah anda melalui beberapa tahap diatas, dan sekarang anda memiliki produk yang memang layak dan mungkin bisa laris dipasaran, selanjutnya anda mengetes target market anda.

Dengan cara anda mencoba menjual produk anda, kecil-kecilan aja dulu misal 10 pcs atau berapa gitu, tawarkan kepada teman terdekat anda, kalau gak orang yang kira-kira relevan untuk membeli produk anda.

Jika produk yang anda jual sebagai tes market mampu laku hingga 50% berarti sudah bisa diterima oleh target anda dan layak bersaing di pasar.

Anda sudah bisa memulai menjualnya secara masal dengan berbagai mekanisme dan sistem penjualan.

Jika anda bingung dalam menentukan produk, anda bisa baca artikel Jualan Online Paling Laris untuk mendapat referensi produk yang laris manis.

2. Tentukan Mekanisme Penjualan

Aplikasi Marketplace Jual Beli Online

Setelah menentukan produk yang akan anda jual, hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mekanisme penjualan produk.

Bagaimana anda mendapatkan produk tersebut untuk dijual?

a. Produksi Sendiri

Yang pertama adalah produksi sendiri, mungkin opsi ini dapat dipilih jika anda memiliki modal yang cukup besar untuk memulai usaha.

Opsi ini juga bisa anda lakukan bagi anda yang akan menjalani usaha kuliner, karena cukup mudah kalo hanya membuat makanan sendiri.

Semisal produk yang anda jual itu sepatu, pasti tidak mungkin kan anda produksi sendiri? Mungkin si, tapi tetap membutuhkan ketrampilan dan modal yang sangat besar.

Namun jika anda tetap kekeh untuk membuat produk sendiri, sebaiknya anda perhatikan beberapa hal berikut :

  1. Kualitas dan harga bahan baku
  2. Supplier yang terpercaya
  3. Sistem atau langkah produksi
  4. Kualitas produksi
  5. Ketrampilan anda atau karyawan anda dalam membuat produk

Dengan demikian anda dapat membuat produk yang berkualitas dengan memaksimalkan modal.

Untuk anda yang mungkin hanya memiliki modal kecil, anda bisa lewati opsi ini dan coba opsi yang kedua.

b. Dropshiper/ Reseller

Opsi yang kedua adalah dropship atau reseller, opsi ini sangat cocok untuk anda yang memiliki keterbatasan modal, karena teknik ini tidak menggunakan banyak pengeluaran bahkan bisa tanpa modal sekalipun.

Sebenarnya sistem dalam dropship atau resell ini sama saja dengan anda menjadi makelar, jadi anda bisa menawarkan produk orang lain yang harganya relatif murah, lalu menjualnya dengan harga yang lebih mahal, untuk mendapat keuntungan

Kemudian jika ada sesorang yang mau membeli produk yang anda tawarkan, anda bisa menghubungi atau membeli langsung produk tersebut dari tangan pertama dengan menggunakan nama dan alamat pengiriman si pembeli.

Secara otomatis si suplayer yang anda pilih akan mengirim produk kepada konsumen anda, dengan menggunakan nama pribadi atau toko anda.

3. Tentukan Sistem Penjualan

Hal penting selanjutnya adalah sistem yang akan anda gunakan dalam penjualan, karena sistem penjualan akan sangat mempengaruhi strategi anda dalam berdagang.

Sistem yang biasa dipakai, yaitu :

a. Sistem Pre-Order

Sistem pre order cukup banyak digunakan saat ini, karena sistem ini sangat membantu para pelaku dagang untuk memulai usaha mereka.

Kelebihan dari sistem ini adalah, anda hanya memproduksi sesuai pesanan, konsumen membayar terebih dahulu sebelum barang dibuat sehingga anda yang tidak memiliki modal, bisa menerapkan sistem ini.

Namun sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan diantara lain, anda akan kewalahan jika banyak sekali orderan sedangkan ada batas waktu untuk pengiriman, jika pengiriman tidak sesuai jadwal akan membuat konsumen kecewa.

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam sistem pre order itu tergantung pada cara copy writing dan promosi anda.

b. Sistem Stok Barang

Untuk sistem ini sudah banyak digunakan oleh pedagang dari zaman dahulu, mereka selalu memiliki stok barang yang akan dijual.

Jadi jika ada yang memesan produk anda, anda sudah memiliki barangnya dan tinggal mengirim saja.

Tetapi sistem ini juga memiliki kelemahan, saat ada beberapa jenis atau type produk yang sepi peminatnya, pasti produk itu akan tetap menjadi stok dan sangat sulit untuk laku.

4. Pilih media penjualan

Landing Page Website Jualan Online

Tahap ke 4 yaitu memilih media dimana anda akan berjualan secara online.

Ada beberapa media online yang bisa anda pakai baik itu gratis atau berbayar, diantaranya yaitu :

a. Menggunakan Sosial Media

Media yang paling sering digunakan sejak dulu adalah media sosial, dimana setiap orang dapat membuat akun pribadi atau akun bisnis.

Dengan akun tersebut anda bisa melakukan promosi yang berujung penjualan, namun untuk meraih kesuksesan secara cepat, ada beberapa ilmu yang harus anda pelajari tentang jualan di media sosial.

Untuk medianya yang paling sering digunakan saat ini adalah Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp Dll.

b. Menggunakan Platfrom Marketplace

Setelah munculnya smartphone dan semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, para pedagang sangat dimudahkan dengan kehadiran platform marketplace.

Platform ini dirancang khusus untuk memudahkan transaksi jual beli, platform ini berupa aplikasi ataupun website.

Sama dengan media sosial, untuk mencapai sukses dalam berdagang di marketplace anda juga harus belajar tentang algoritma penjualannya.

Platform marketplace paling sering digunakan :

Indonesia : Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Olx, Facebook Dll

Internasional : Alibaba, Amazon, Ebay Dll

c. Menggunakan Website

Bagi pemula, mungkin tidak memikirkan media penjualan satu ini, memang prosedurnya yang cukup rumit dan belum banyak yang tahu.

Sebenarnya media yang bisa anda gunakan diatas itu sangatlah riskan, karena pemilik media atau platform bisa dengan mudahnya menghapus akun jualan anda.

Jadi menurut saya media yang paling bagus adalah menggunakan website, anda bisa membuat landingpage yang berisi tentang profil bisnis anda, kelebihan produk, testimoni dan cara pembelian.

Untuk pembelian bisa anda arahkan ke akun whatsaap, marketplace atau tetap di website tesebut.

5. Promosi Secara Efektif

Tahap ke 5 yaitu promosi. Setelah anda memeliki produk, menentukan sistem dan memiliki akun media online untuk penjualan, maka mulailah melakukan promosi.

Promosi ini bertujuan agar produk anda bisa diketahui oleh pasar atau konsumen anda.

Ada beberapa cara promosi yang bisa anda lakukan yaitu secara organik dan promosi secara berbayar (iklan).

Gunakan gambar atau kata-kata yang menarik dan mengundang orang untuk membelinya.

6. Kelola Database Pelanggan

Setelah bisnis anda berjalan, anda bisa mengumpulkan beberapa data dari konsumen seperti kumpulan no. Hp, email aktif, atau memiliki grup untuk bisnis anda.

Dari situ anda bisa memanfaatkan untuk memeberi info terbaru tentang jualan anda.

Ingat simpan dan kelola database pelanggan anda dengan baik, karena itu termasuk aset yang berharga dalam jualan online.

7. Penerapan SOP Pada Bisnis Online

Setalah anda membaca artikel yang saya tulis diatas pasti sudah banyak gambaran apa saja yang harus anda lakukan bukan?

Sebaiknya sebelum anda memulai bisnis anda, seharusnya anda membuat SOP (Sistem Operasional) terlebih dahulu.

Karena SOP ini akan menjadi panduan utama anda dalam berbisnis, dan SOP ini akan diupgrade ketika bisnis anda semakin berkembang.

Tujuan penerapan SOP ini yaitu, jika suatu saat anda mengalami keterpurukan atau bangkrut, anda akan mudah memulainya kembali, karena anda sudah memiliki SOP dalam bisnis anda.

Jadilah pebisnis online yang disiplin.


Waah.. ternyata panjang juga ya penjelasan tentang jualan online ini, semoga anda dapat mencerna dengan baik, sehingga memudahkan anda dalam praktek berjualan online.

Sedikit tips sukses dari saya, selalu berdoa, berusaha secara maksimal, bersedakah dan disiplin, kesuksesan tidak datang dari orang lain melainkan dari diri anda sendiri.

andhar Pengangguran yang ingin memiliki bisnis besar.

Jualan Online Paling Laris

andhar
9 min read

Bisnis Oriflame

andhar
4 min read

Bisnis Online Menguntungkan

andhar
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *